Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab dan Cara Mengatasi Blank Screen Pada Android


Penyebab dan Cara Mengatasi Blank Screen Pada Android - Seperti yang telah Anda ketahui bahwa sekarang ini smartphone terutama yang berbasis sistem operasi Android telah menjadi sangat populer di mana jumlah pengguna Android semakin meningkat setiap harinya. Hal tersebut sebenarnya tidaklah mengherankan karena smartphone berbasis Android memiliki fungsi yang begitu beragam sehingga akan sangat membantu aktivitas sehari-hari, bahkan sebagian masyarakat modern telah menganggap Android sebagai suatu kebutuhan.

Tetapi perlu Anda ketahui bahwa di balik kecanggihan dari smartphone Android, ternyata perangkat yang satu ini juga rentan mengalami masalah. Sebagai sebuah perangkat elektronik, smartphone bisa berpotensi untuk mengalami berbagai macam masalah seperti misalnya blank screen. Ya, blank screen menjadi salah satu masalah yang paling sering dikeluhkan oleh para pengguna Android di mana smartphone hanya menampilkan layar kosong berwarna hitam atau putih saja, pada kesempatan ini akan kami ulas penyebab dan cara mengatasi blank screen pada Android.

Penyebab dan Cara Mengatasi Blank Screen Pada Android


Penyebab Blank Screen Pada Android

1. Proses Loading Software atau Aplikasi Yang Terlambat

Salah satu hal yang menjadi penyebab masalah blank screen pada smartphone berbasis Android adalah karena proses loading software atau aplikasi yang terlambat. Pada kondisi normal, proses loading software atau aplikasi akan berjalan dengan cepat segera setelah Anda membuka aplikasi tersebut, namun terkadang proses loading berjalan lambat dan menyebabkan blank screen.

2. Terjadi Kerusakan Aplikasi

Hal kedua yang juga bisa menyebabkan terjadinya masalah blank screen pada smartphone Android yakni karena aplikasi yang rusak. Perlu Anda ketahui bahwa aplikasi yang rusak akan bisa menyebabkan berbagai macam masalah pada smartphone, salah satunya adalah blank screen, pada umumnya aplikasi yang rusak bisa terjadi karena virus ataupun bug yang ada di aplikasi tersebut.

Cara Mengatasi Blank Screen Pada Android

1. Matikan dan Cabut Baterai Smartphone

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah blank screen pada smartphone Android adalah dengan mematikan smartphone dan mencabut baterainya. Anda bisa menekan tombol power dan mematikan smartphone terlebih dahulu, kemudian lepaskanlah baterainya dan biarkan paling tidak selama 30 detik, setelah itu pasanglah baterai dan hidupkan lagi smartphone tersebut.

2. Factory Reset

Untuk mengatasi masalah blank screen pada smartphone berbasis Android, Anda bisa mencoba untuk melakukan factory reset yang mana cara ini memang telah terbukti sangat ampuh untuk mengatasi berbagai macam persoalan yang terjadi pada smartphone. Tetapi perlu diperhatikan bahwa factory reset akan mengembalikan smartphone ke pengaturan awal dan menghapus semua data.

3. Lakukan Flashing

Apabila Anda sudah mencoba kedua cara di atas, namun belum juga berhasil mengatasi masalah blank screen pada smartphone Android, maka tidak ada salahnya jika Anda melakukan flash ulang smartphone tersebut. Hal ini dikarenakan bisa saja penyebab dari masalah blank screen yang terjadi diakibatkan karena kerusakan software sehingga Anda harus melakukan flashing.

Baca Juga "Tips Memperbaiki Peforma Android Yang Menurun"

Blank screen merupakan masalah yang kerap dialami oleh pengguna Android, oleh karena itulah maka Anda harus mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.