Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Menggunakan Android Studio di Smartphone


Panduan Menggunakan Android Studio di Smartphone - Meskipun jumlah pengguna smartphone berbasis Android saat ini sangatlah banyak, namun sebagian besar pengguna Android mungkin masih asing dengan Android Studio. Perlu Anda ketahui bahwa Android Studio merupakan Integrated Development System atau IDE untuk membuat aplikasi bagi perangkat berbasis Android. Melalui Android Studio inilah maka Anda akan bisa membuat aplikasi sendiri sesuai dengan konsep yang Anda miliki, selain itu Anda juga bisa melakukan pengembangan aplikasi melalui Android Studio.

Bagi sebagian orang yang memang berkecimpung di dunia teknologi terutama perangkat berbasis Android, tentu saja keberadaan Android Studio sangatlah membantu, bahkan bisa menjadi sarana untuk menghasilkan keuntungan lebih banyak. Dengan menggunakan Android Studio, Anda akan bisa membuat aplikasi yang akan bisa dijalankan langsung pada perangkat bersistem operasi Android tanpa harus menggunakan bantuan emulator di PC ataupun laptop sehingga menjadi lebih praktis. Pada kesempatan ini akan kami berikan panduan menggunakan Android Studio di smartphone.

Panduan Menggunakan Android Studio di Smartphone


1. Langkah Pertama

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk menggunakan Android Studio yakni mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu dengan tujuan agar Anda tidak mengalami kerepotan pada saat menggunakan Android Studio. Beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum menggunakan Android Studio yakni perangkat bersistem operasi Android seperti misalnya smartphone ataupun tablet dan juga kabel penghubung dari micro USB ke USB.

2. Langkah Kedua

Setelah selesai membuat aplikasi di PC ataupun laptop dan ingin menghubungkannya ke smartphone Android, maka Anda bisa masuk ke menu Setting, kemudian cari menu About Phone dan klik Build Number beberapa kali hingga muncul notifikasi. Pilihlah menu Developer Mode atau Mode Pengembang dan aktifkan USB Debugging dengan membuka menu Developer Mode Tersebut, setelah itu Anda bisa menghubungkan perangkat Android dengan PC atau laptop menggunakan kabel USB.

3. Langkah Ketiga

Untuk menghubungkan Android Studio di PC dengan smartphone atau tablet Android, Anda bisa membuka menu Run dan pilihlah Edit Configurations. Anda akan diarahkan pada menu Deployment Target Option, kemudian pilih USB Device untuk pengaturan default atau bawaan. Selain itu Anda juga bisa memilih Open Select Deployment Target Dialog, kemudian pilihlah opsi Apply dan klik OK. Setelah itu jalankan proyek aplikasi yang telah Anda buat dengan mengklik Run.

4. Langkah Keempat

Setelah mengklik Run, maka akan muncul panel baru pada bagian Connected Device, yakni Unauthorized. Buka kembali smartphone atau tablet Android Anda, maka akan muncul kotak dialog Allow USB Debugging, pilih OK. Setelah itu smartphone atau tablet Android Anda akan muncul di layar PC, kemudian pilihlah perangkat Android yang tersambung tersebut dengan mengklik OK, tunggu hingga proses tersebut selesai dan aplikasi akan muncul di perangkat Android milik Anda.

Baca Juga "Penyebab dan Cara Mengatasi Blank Screen Pada Android"

Bagi Anda yang ingin mengetes atau menguji aplikasi Android yang baru dibuat menggunakan Android Studio di smartphone ataupun tablet, maka Anda bisa mengikuti panduan yang ada di atas.