Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Melakukan Root di Smartphone Asus


Panduan Melakukan Root di Smartphone Asus - Pastinya masyarakat di Indonesia sudah sangat akrab dengan nama Asus, perusahaan yang memiliki pusat di Taiwan ini memang sangat terkenal di dunia internasional. Selain itu Asus sendiri memang sudah lama masuk ke Indonesia dengan membawa sejumlah produknya yang cukup beragam. Dari berbagai macam produk yang dibuat oleh Asus, smartphone menjadi produknya yang sangat populer di tanah air. Hal ini sangatlah wajar sebab smartphone Asus memang memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Meskipun memiliki kualitas yang baik dan spesifikasi yang mumpuni, namun ada sebagian pengguna smartphone Asus yang merasa belum puas terhadap perangkatnya tersebut sehingga mereka melakukan root. Ya, dengan melakukan root maka Anda akan bisa mendapatkan akses penuh terhadap perangkat Android di mana Anda bisa menghapus aplikasi bawaan (bloatware) hingga meningkatkan kinerja dan performa smartphone. Bagi Anda yang ingin melakukan root, pada kesempatan kali ini akan kami berikan panduan melakukan root di smartphone Asus.

Panduan Melakukan Root di Smartphone Asus


1. Persiapan

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk melakukan root pada smartphond Asus adalah persiapan, hal yang satu ini sangatlah penting untuk dilakukan dengan tujuan agar Anda tidak mengalami kerepotan pada saat proses root sedang berlangsung. Ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan root yakni PC, Intel Driver, kabel USB, dan file root Asus.

2. Download Aplikasi Sebagai Media Perantara

Hal berikutnya yang harus anda lakukan sebelum memulai proses rooting adalah mendownload atau mengunduh aplikasi yang akan digunakan sebagai media perantara untuk melakukan proses rooting. Setelah Anda mengunduh aplikasi yang diperlukan, maka langkah selanjutnya Anda harus mengekstraknya terlebih dahulu agar aplikasi tersebut bisa digunakan.

3. Menginstal Intel Driver dan ADB Driver

Langkah ketiga yang harus Anda lakukan untuk melakukan rooting smartphone Asus adalah menginstal Intel Driver dan ADB Driver, hal yang satu ini sangatlah penting untuk dilakukan karena proses root tidak kan bisa berjalan sebelum Anda menginstal keduanya. Perlu Anda ketahui bahwa menginstal Intel Driver dan ADB Driver akan membutuhkan waktu sehingga Anda harus menunggunya hingga selesai.

4. Menghubungkan Smartphone ke PC

Setelah proses instalasi Intel Driver dan ADB Driver telah selesai, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menghubungkan smartphone ke PC ataupun laptop. Pastikan untuk mengaktifkan USB debugging terlebih dahulu agar proses root bisa berjalan, selain itu Anda juga harus mengecek koneksi PC atau laptop untuk mengetahui apakah sudah terhubung dengan benar atau belum.

5. Melakukan Proses Rooting

Setelah melakukan keempat hal di atas, maka kini saatnya Anda bisa melakukan proses rooting yang mana Anda diharuskan untuk mengikuti instruksi yang ditampilkan pada layar. Perlu Anda ketahui bahwa proses root pada smartphone Asus bisa saja membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga Anda harus bersabar dalam menunggu dan mengikuti prosesnya hingga selesai.

Baca Juga "Panduan Menggunakan Android Studio di Smartphone"

Jika Anda merupakan pengguna smartphone Asus yang ingin melakukan root, maka Anda bisa mengikuti panduan yang ada di atas.