Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Paling Ampuh Untuk Mengatasi Android Yang Bootloop


Cara Paling Ampuh Untuk Mengatasi Android Yang Bootloop - Smartphone Android merupakan salah satu perangkat yang sekarang ini sedang sangat populer dan telah digunakan oleh hampir setiap orang, hal ini sebetulnya sangatlah wajar karena perangkat komunikasi berukuran mungil tersebut memang telah mampu untuk menjalankan fungsi yang beragam. Terlebih lagi sebagian besar smartphone Android saat ini telah dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni sehingga akan semakin memudahkan Anda untuk melakukan multitasking menggunakan perangkat tersebut.

Tetapi perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa secanggih apapun smartphone Android yang Anda miliki, perangkat tersebut tetap memiliki peluang untuk mengalami masalah. Ada berbagai macam masalah yang terkadang dikeluhkan oleh para pengguna Android, salah satunya adalah bootloop. Ya, bootloop merupakan masalah yang menjadi momok karena smartphone yang mengalami bootloop tidak bisa Anda gunakan. Namun Anda tidak perlu panik, pasalnya pada kesempatan ini akan kami ulas cara paling ampuh untuk mengatasi bootloop di smartphone Android.

Cara Paling Ampuh Untuk Mengatasi Android Yang Bootloop


1. Matikan dan Cabut Baterai Smartphone

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah bootloop pada smartphone Android adalah dengan mematikan dan mencabut baterai smartphone, namun cara yang satu ini hanya efektif untuk mengatasi masalah bootloop yang ringan. Anda bisa mematikan smartphone dan juga melepaskan baterainya dan biarkan selama beberapa saat sebelum menghidupkannya kembali.

2. Menghapus Cache Sistem

Cara kedua yang juga bisa dilakukan untuk mengatasi masalah bootloop pada Android yakni dengan menghapus cache sistem. Untuk menghapus cache sistem, Anda harus masuk ke menu Recovery Mode terlebih dahulu dengan cara menekan tombol power dan volume down secara bersamaan, kemudian pilih menu Advanced dan pilih opsi Wipe Dalvik Cache, selesai.

3. Wipe Cache Partition

Selain menghapus cache sistem, Anda juga bisa melakukan wipe cache partition untuk mengatasi masalah bootloop yang terjadi pada Android. Untuk melakukan hal ini, Anda juga harus masuk ke Recovery Mode dengan menekan tombol power dan volume down secara bersamaan hingga muncul tulisan Recovery, kemudian pilih menu Wipe Cache Partition, maka akan muncul konfirmasi, kemudian pilih OK.

4. Factory Reset

Cara selanjutnya yang juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi bootloop pada smartphone Android adalah dengan melakukan factory reset, cara ini memang sangat efektif untuk memperbaiki berbagai masalah pada perangkat berbasis Android. Meskipun demikian factory reset akan menghapus semua data yang ada di dalam smartphone sehingga Anda harus melakukan backup.

5. Melakukan Flashing

Jika cara yang telah disebutkan sebelumnya masih belum mampu mengatasi masalah bootloop pada smartphone Android, maka Anda bisa melakukan flashing. Untuk melakukan hal ini, Anda harus terlebih dahulu memiliki firmware atau stock ROM yang sesuai dengan smartphone yang Anda miliki. Namun jika tidak ingin repot, maka Anda juga bisa membawanya ke tempat service yang terpercaya.

Baca Juga "Panduan Melakukan Root di Smartphone Asus"

Bagi Anda yang mengalami masalah bootloop pada smartphone Android, maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba beberapa cara di atas.