Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Laptop Tidak Bisa Connect Wifi, Ini Penyebab dan Cara Memperbaikinya!


Laptop tidak bisa connect Wifi – Laptop bukan lagi menjadi perangkat teknologi yang asing di telinga masyarakat kita. Kehidupan yang semakin modern seperti sekarang ini, menuntut seseorang untuk memiliki berbagai perangkat teknologi, seperti smartphone hingga laptop. Berbicara mengenai laptop sendiri, sekarang banyak yang dibanderol dengan harga murah dengan kualitas tidak kalah bagus. Yang demikian ini bisa anda jadikan pilihan jika memang budget yang dimiliki cukup minim.

Laptop mahal bukan berarti tidak akan mengalami masalah atau kerusakan. Tidak jarang masalah sering dialami oleh sebuah laptop, misalnya saja laptop tidak bisa connect wifi. Berbeda dengan komputer atau PC, laptop sudah dibekali dengan jaringan hotspot yang memungkinkan terhubung dengan wifi. Mengenai masalah laptop tidak bisa connect wifi, berikut ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Umum Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

Ada banyak faktor atau penyebab dari sebuah laptop yang tidak bisa connect ke jaringan wifi. Bisa jadi kerusakan terjadi pada bagian hardware maupun software dari sebuah laptop. Mengetahui penyebab laptop tidak bisa connect Wifi, tentu nantinya akan memudahkan anda untuk mengidentifikasi dan melakukan perbaikan. Beberapa penyebab dari hal tersebut, antara lain:

1. Wireless network wifi belum di aktifkan

Penyebab laptop yang tidak bisa connect ke wifi yang pertama adalah karena wireless network wifi yang belum diaktifkan. Salah satu tanda kalau wireless network wifi belum diaktfikan yaitu lampu indikator wifi yang tidak menyala, atau menyala berwarna merah. Cara mengaktifkannya cukup mudah yakni dengan menekan tombol dengan icon wifi yang biasanya berada di tombol baris atas. Kalau di laptop Axioo bergabung dengan tombol F12.

2. Kerusakan hardware

Penyebab selanjutnya adalah karena terjadinya kerusakan pada hardware laptop sehingga driver wifi tidak terdeteksi. Tanda terjadinya kerusakan pada hardware koneksi laptop adalah lampu indikator wifi berawarna merah.

3. Belum diinstall driver

Inilah penyebab umum yang sering diabaikan oleh pengguna, yakni belum menginstall driver ethernet control di laptop. Untuk mengecek driver sudah diinstall atau belum, bisa melalui Device Manager dan lihat pada bagian ethernet. Kalau masih belum biasanya ada logo tanda seru berawarna kuning.

4. Salah dalam setting koneksi

Untuk masalah yang satu ini kebanyakan terjadi pada pengguna yang sering menggunakan proxy atau SSH untuk bisa tersambung ke internet. Menggunakan proxy atau SSH biasanya pengguna diharuskan melakukan setting network connection secara manual. Alhasil ketika menghubungkan ke wifi publik, tentu laptop tidak akan bisa terhubung.

5. Lupa mematikan mode Airplan

Airplan Mode merupakan fitur terbaru yang disematkan pada Windows 8 ke atas. Dengan mengaktifkan fitur ini tentu akan membuat laptop tidak bisa terhubung dengan internet. Kinerjanya mirip dengan mode Airplan yang ada di smartphone.

6. Salah memasukkan username dan kata sandi

Jaringan wifi, sekalipun itu wifi publik biasanya diproteksi dengan password untuk bisa terhubung di jaringan tersebut. Pastikan anda sudah memasukkan username dan password yang benar agar laptop bisa terhubung dengan wifi.

7. Modem atau acces point yang bermasalah

Jika dirasa laptop dalam keadaan baik dan tidak mengalami masalah apapun, cobalah untuk mengecek modem atau acces point. Lihat lampu indikatornya apakah menyala semua atau tidak. Jika ada salah satu lampu indikator yang berawarna kuning atau merah, dapat dipastikan masalah ada pada acces point atau modem.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

Laptop tidak bisa connect wifi biasanya ditandai dengan adanya lambang segitiga kuning di bagian icon internet access. Kondisi seperti ini aka membuat laptop tidak bisa mengakses internet sebelum lambang tersebut menghilang. Cara untuk memperbaiki masalah tersebut sebenarnya cukup mudah. Ikuti beberapa langkah mudahnya di bawah ini:

1. Pertama dengan cara masuk ke menu pengaturan network and connection. Klik pada tombol Start Menu, lalu pilih Control Panel. Setelah itu masuk pada opsi Network and Internet, kemudian dilanjut dengan klik opsi Network and Sharing Center. Dan terakhir klik pada opsi Change Adapter Setting

2. Pada halaman tersebut akan terlihat beberapa jaringan yang ada di laptop, seperti Bluetooth, LAN, dan juga Wireless. Namun dalam cara ini anda bisa memilih opsi jaringan Local Area Connection. Klik kanan pada pilihan tersebut lalu pilih Properties. 

3. Pada tampilan Local Area Connection Properties, anda perlu melakukan double klik pada opsi Internet Protocol Version 4. Nantinya akan muncul halaman pop up baru. 

4. Pada halaman tersebut, pilih Obtain an IP Address Automatically dan juga Obtain DNS Server Address Automatically. Langsung klik OK, dan lihat pada icon internet access yang berada di pojok kanan bawah laptop. Lambang tanda seru kuning sudah hilang.

Itulah tadi informas singkat mengenai penyebab dan cara memperbaiki laptop tidak bisa connect wifi paling mudah. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!