Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memperbaiki Peforma Android Yang Menurun


Tips Memperbaiki Peforma Android Yang Menurun – Smartphone dengan peforma menurun tentu menghambat operasionalnya. Peforma android yang menurun bisa disebabkan karena penuhnya memori penyimpanan, minimnya kapasitas RAM, dan berbagai hal lainnya. Peforma android yang menurun ini akan membuat anda kesulitan dalam mengakses aplikasi, melakukan berbagai kegiatan dengan smartphone, dan berbagai hal lainnya. Peforma android menurun ini sebenarnya bisa diatasi dengan beberapa langkah sederhana.

Jadi tanpa perlu membawanya langsung ke service center anda bisa mengutak-atik sendiri terlebih dulu. Meminimalisir penggunaan aplikasi yang memenuhi RAM serta memori internal adalah cara paling mudah dalam memperbaiki peforma smartphone. selain cara tersebut, penggunaan launcher dan pemilihan wallpaper juga mesti anda perhatikan. Nah, bagi anda yang penasaran cara selengkapnya untuk memperbaiki peforma smartphone android, berikut ini ulasan cara selengkapnya.

Tips Memperbaiki Peforma Android


1. Gunakan launcher sederhana

Launcher memiliki ukuran yang tergolong besar. terlebih jika fiturnya sangat beragam. Jika tetap ingin menggunakan launcher, anda bisa memilih jenis launcher yang lebih sederhana. Launcher sederhana tidak memerlukan space penyimpanan yang terlalu besar. Kapasitas RAM yang diperlukan pun tidak terlalu besar. Dengan demikian, ponsel menjadi lebih cepat tanpa beban yang berat.

2. Ganti live wallpaper

Live wallpaper memang akan membuat smartphone menjadi lebih menarik tampilannya. Hanya saja jika sering digunakan akan membuat baterai lebih boros. Peforma smartphone pun menurun karena perangkat akan bekerja lebih keras dalam memproses live wallpaper tersebut. ganti jenis wallpaper tersebut dengan yang lebih statis. Dengan demikian kinerja smartphone pun lebih meningkat.

3. Hapus aplikasi dan game tidak penting

Aplikasi yang terlalu banyak sementara memori penyimpanan tergolong pas-pasan akan membuat smartphone lambat kinerjanya. Untuk melegakan memori penyimpanan, anda bisa menghapus aplikasi serta game yang tidak penting. Kinerja smartphone pun menjadi lebih stabil. Anda pun bisa mengunduh aplikasi lain yang lebih ringan secara leluasa tanpa perlu terbatas kapasitas yang sudah penuh.

4. Matikan Auto-rotate

Fitur auto-rotate memudahkan kita dalam merubah posisi layar. Anda tidak perlu repot melakukan pengaturan perubahan posisi layar. Hanya saja fitur tersebut akan memperlambat kinerja smartphone jika disetting secara otomatis. Ponsel yang berubah posisi akan membuat fitur tersebut selalu bekerja. Maka untuk meringankan peforma smartphone, matikan fitur tersebut.

5. Pasang aplikasi versi lite

Jika perangkat smartphone memiliki spesifikasi yang pas-pasan namun disisi lain anda menginginkan aplikasi tertentu yang kapasitasnya berat, maka cobalah pasang versi Lite nya. Banyak aplikasi yang kapasitasnya berat yang memiliki versi Lite. Misalnya Messenger, Facebook, Twitter, Camera 360, dsb. Versi Lite memiliki kapasitas lebih ringan sehingga tidak memberatkan memori penyimpanan.

Baca Juga "Tips Mengatasi Youtube Yang Tidak Bisa Dibuka di Android"

Itu dia beberapa cara memperbaiki peforma android agar tetap stabil dan memudahkan anda dalam mengoperasikannya. Semoga bermanfaat.