Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Mengembalikan Android Yang Sudah Diroot Seperti Semula


Cara Mudah Mengembalikan Android Yang Sudah Diroot Seperti Semula - Seperti yang Anda lihat bahwa ponsel pintar atau smartphone terutama yang bersistem operasi Android merupakan sebuah perangkat yang sangat populer, hal ini disebabkan karena perangkat tersebut telah mampu untuk menjalankan fungsinya yang beragam. Bagi Anda yang merupakan seorang pengguna Android tentunya sudah tidak asing dengan istilah root. Perlu diketahui bahwa root merupakan suatu proses untuk mendapatkan hak akses penuh terhadap perangkat Android yang Anda miliki.

Ada banyak pengguna Android yang melakukan root sehingga mereka bisa melakukan berbagai macam hal mulai dari menghapus aplikasi bawaan atau bloatware hingga melakukan overclocking untuk meningkatkan performanya. Namun di balik kelebihan yang ditawarkannya, ternyata proses root tidak disarankan oleh pihak vendor dan akan bisa menghanguskan garansi sehingga akan membuat Anda berpikir ulang untuk melakukannya. Bagi anda yang ingin mengembalikan Android yang sudah diroot menjadi seperti semula, maka Anda bisa melakukan beberapa cara yang akan diulas di bawah ini.

Cara Mudah Mengembalikan Android Yang Sudah Diroot Seperti Semula


1. Menggunakan Framaroot

Salah satu cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan Android yang telah diroot adalah dengan menggunakan Framaroot, aplikasi yang satu ini bisa Anda dapatkan di Play Store. Jalankan aplikasi Framaroot, pada menu Select An Action to Execute After Root, Anda bisa memilih Unroot. Akan ada dua pilihan yakni Barahir atau Boromir, Anda bisa memilih salah satunya. Jika tidak berhasil, maka Anda bisa memilih opsi yang lainnya, setelah itu segera restart smartphone Anda.

2. Menggunakan Root Explorer

Anda juga bisa melakukan proses unroot menggunakan aplikasi Root Explorer, aplikasi ini juga sangat mudah untuk digunakan. Instal aplikasi Root Explorer dan jalankan aplikasi tersebut, kemudian cari menu Root dan pilih Folder System. Cari folder bernama Bin, kemudian buka dan hapuslah file yang bernama SU, selain itu Anda juga harus menghapus file yang bernama Busybox jika menemukannya, setelah itu segera restart perangkat Android Anda.

3. Menggunakan Super SU

Selain menggunakan aplikasi Root Explorer, Anda juga bisa menggunakan Super SU untuk melakukan proses unroot. Anda bisa menginstal dan membuka aplikasi Super SU, kemudian buka menu Setting dan pilih opsi Full Unroot. Nantinya akan muncul kotak konfirmasi untuk melanjutkan proses unroot, Anda bisa memilih Continue dan tunggulah hingga proses unroot selesai, jika berhasil maka smartphone Android Anda akan restart dengan sendirinya.

4. Menggunakan Kingroot

Cara keempat yang juga bisa Anda lakukan untuk mengembalikan smartphone Android yang telah diroot yakni menggunakan aplikasi Kingroot. Anda bisa menjalankan aplikasi Kingroot, kemudian pilih General Setting dan pilihlah Uninstall Kingroot. Setelah itu akan muncul kotak konfirmasi, kemudian pilih Continue untuk meneruskan proses unroot dan tunggu hingga prosesnya selesai, setelah itu Anda bisa melakukan restart atau reboot.

Baca Juga "Cara Mudah Mengatasi HP Android Bootloop"

Bagi Anda yang ingin melakukan unroot pada smartphone Android yang telah diroot, maka Anda bisa mencoba beberapa cara yang telah disebutkan di atas.