Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Mengatasi HP Android Bootloop


Cara Mudah Mengatasi HP Android Bootloop – Bootloop merupakan kondisi dimana smartphone tidak mampu mengakses sistem. Pada saat proses booting perangkat hanya menampilkan logo android saja. Bootloop sendiri terdiri atas dua jenis. Yakni bootloop ringan dan bootloop total. Mungkin pada kondisi bootloop ringan smartphone bisa naik ke sistem. Hanya saja terkadang jika mengalami proses restart akan sulit naik lagi ke sistem seperti biasa. Untuk bootloop berat adalah kondisi dimana kondisi booting tidak sempurna dan memerlukan perbaikan secara serius.

Mengatasi bootloop bisa dilakukan dengan cara sederhana. Cara-cara ini bisa menjadi pertolongan pertama sebelum membawanya ke service center. Bisa jadi dengan pertolongan sederhana ini anda tidak perlu membawa perangkat ke service center. Dalam melakukan perbaikian, anda perlu masuk ke mode recovery system. Dengan cara tersebut, proses perbaikan menjadi lebih maksimal. Nah, berikut ini ulasan selengkapnya untuk cara mengatasi hp android yang mengalami bootloop.

Cara Mengatasi HP Android Bootloop


1. Hapus cache sistem

Menghapus cache sistem bertujuan agar recovery sistem menjadi lebih ringan sehingga kondisi bootloop mampu diperbaiki secara cepat. Untuk melakukan hal tersebut, anda mesti masuk ke menu Recovery Mode. Tekan tombol Power dan Volume Down bersama-sama. Tunggu sampai keluar logo ponsel. Lepas kedua tombol tersebut dan anda sudah masuk ke Recovery Mode. Pilih Advanced kemudian tekan Wipe Dalvik Cache. Kemudian pilih Mounts & Storage. Kemudian lanjutkan menekan opsi Wipe/Cache atau Wipe/Data. Tunggu sampai proses pembersihan selesai, kemudian restart smartphone.

2. Wipe cache partition

Wipe cache partition merupakan cara untuk membersihkan file cache didalam partisi memori. Hal ini akan membuat kinerja smartphone menjadi lebih ringan sehingga bootloop pun mampu teratasi. Untuk melakukannya, masuk ke Recovery Mode seperti halnya poin pertama. Tekan tombol Power dan Volume Down bersamaan sampai logo ponsel keluar. Kemudian pilih menu Wipe Partition. Jika muncul notifikasi untuk melakukan konfirmasi maka tekan Yes. Tunggu sampai proses selesai dan restart perangkat.

3. Factory Reset

Jika bootloop tergolong ringan, cobalah lakukan factory reset untuk memperbaiki kinerja sistem secara cepat. Namun sebaiknya backup seluruh data dan password agar tidak hilang setelah melakukan hal tersebut. Masuk ke menu Settings kemudian pilih Additional Settings. Tekan opsi Back up and Rset dan lanjutkan pilihan ke Factory Reset. Tunggu sampai proses selesai sampai ponsel bekerja sempurna kembali. Kemudian restart smartphone anda.

4. Flashing

Sebelum melakukan flashing, pastikan anda telah memiliki firmware atau Stock ROM. Jika belum memiliki firmware, maka carilah melalui Google dengan keyword sesuai tipe ponsel anda. Untuk cara flashingnya sendiri, anda bisa menggunakan aplikasi Odin, Flashing Tool, atau menggunakan bantuan PC agar proses flashing semakin mudah. Hanya saja jika ingin melakukan hal ini, anda mesti membackup data agar tidak hilang pasca melakukan flashing.

Baca Juga "Cara Mudah Mengembalikan Android Yang Sudah Diroot Seperti Semula"

Demikian beberapa cara mengatasi smartphone bootloop yang mudah dan bisa anda praktekan sendiri. Semoga berhasil dan bermanfaat.