Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Melakukan Flashing di Smartphone Lenovo


Cara Mudah Melakukan Flashing di Smartphone Lenovo - Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan Lenovo, pasalnya Lenovo menjadi salah satu merek yang sangat populer. Lenovo sendiri adalah sebuah perusahaan yang berpusat di Negeri Tirai Bambu yang mana perusahaan tersebut bukan lagi pemain baru di Indonesia. Ya, Lenovo memang menghadirkan berbagai macam produk terbaiknya untuk memenuhi konsumen yang ada di tanah air. Dari banyaknya produk buatan Lenovo, smartphone Android merupakan salah satu produk dengan penjualan yang paling bagus.

Smartphone Android besutan Lenovo memang memiliki kualitas yang bagus dan telah dibekali dengan spesifikasi yang canggih, namun bukan berarti smartphone Lenovo tidak pernah mengalami masalah. Secanggih apapun smartphone tentu akan berpotensi mengalami masalah, salah satunya adalah kerusakan yang terjadi pada software. Masalah yang satu ini bisa diatasi dengan cara melakukan flashing, biasanya kebanyakan orang akan membawa smartphone Lenovo miliknya ke tempat service, namun Anda juga bisa melakukannya sendiri dengan cara berikut ini.

Cara Mudah Melakukan Flashing di Smartphone Lenovo


1. Langkah Pertama

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika ingin melakukan flashing di smartphone Lenovo adalah mempersiapkan terlebih dahulu beberapa hal yang Anda perlukan antara lain PC atau laptop, flash tool, stock ROM Lenovo, dan driver. Perlu Anda perhatikan bahwa proses persiapan ini sangat penting untuk Anda lakukan dengan tujuan agar Anda tidak kerepotan pada saat proses flashing sedang berlangsung.

2. Langkah Kedua

Setelah Anda melakukan persiapan dan telah selesai mengunduh berbagai file yang diperlukan, maka Anda harus mengekstrak driver, kemudian instal melalui PC ataupun laptop. Setelah proses instalasi selesai, maka Anda kini bisa mengekstrak SP Flash Tool dan juga Stock ROM Lenovo. Anda bisa menjalankan flash tool tersebut dengan cara membuka folder SP Flash Tool, kemudian klik kanan pada file flash_tool.exe dan pilih run as administrator.

3. Langkah Ketiga

Setelah memilih run as administrator, Anda bisa mengklik scatter loading dan pilihlah target_bin yang ada di dalam folder yang telah diekstrak di Stock ROM Lenovo tadi. Anda bisa memilih file yang bernama android_scatter.txt yang ada di dalam folder target_bin dan tunggulah beberapa saat hingga proses upload scatter selesai. Setelah itu Anda bisa mulai melakukan flashing dalam kondisi smartphone off atau mati, selain itu Anda harus memastikan bahwa baterai smartphone dalam keadaan terlepas.

4. Langkah Keempat

Selanjutnya Anda bisa menghubungkan smartphone Lenovo dengan PC atau laptop menggunakan kabel USB, Anda harus menunggu beberapa saat hingga proses selesai karena proses flashing tersebut berjalan secara otomatis. Perlu Anda ketahui bahwa proses flashing yang sudah selesai akan ditandai dengan munculnya ikon checklist yang berwarna hijau, setelah itu Anda bisa melepaskan smartphone dari PC atau laptop, kemudian pasanglah baterai dan aktifkan smartphone.

Baca Juga "Cara Mudah Mengatasi HP Android Bootloop"

Perlu Anda ketahui bahwa proses flashing tidak hanya bisa dilakukan di tempat service saja karena Anda juga bisa melakukannya sendiri dengan mengikuti panduan yang ada di atas.