Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Sayangnya com android phone Telah Berhenti


Cara Mengatasi “Sayangnya, com.android.phone Telah Berhenti” – Sistem operasi android tak selamanya berjalan lancar. Terkadang kita menjumpai kondisi dimana sistem akan berhenti secara paksa dengan memunculkan pop-up berisi “Sayangnya, com.android.phone Telah Berhenti”. Jika mendapati pop-up tersebut sebaiknya jangan segera panik. Pasalnya kondisi tersebut bisa anda perbaiki secara baik dengan mencoba beberapa cara sederhana. Cara sederhana ini akan mempermudah android melakukan recovery sehingga sistem akan kembali normal seperti biasa.

Kondisi tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor. Mulai dari menumpuknya cache atau masalah error pada partisi cache. Selain itu faktor android yang terlalu berat bekerja juga bisa menjadi penyebab lainnya. anda bisa mengatasinya dengan melakukan langkah termudah untuk mengidentifikasi penyebabnya sekaligus. barulah melakukan langkah paling besar resikonya seperti reset ke pengaturan pabrik. Nah berikut ulasan selengkapnya untuk cara mengatasi sistem android yang berhenti paksa.

Cara Mengatasi Android Berhenti


1. Reboot

Melakukan reboot merupakan cara paling umum dan ringan untuk mengatasi masalah tersebut. Jika anda baru saja mendapati pesan kesalahan ini, maka segera me-reboot perangkat smartphone. Matikan smartphone kemudian copot komponen seperti microSD dan SIM Card. Jika perangkat smartphone memiliki baterai removable maka copot juga baterainya. Diamkan beberapa saat kemudian pasang semuanya kembali dan hidupkan smartphone.

2. Hapus cache dan data

Jika reboot masih tidak memberikan dampak apapun, maka segera hapus cache dan data. Hal ini bertujuan meringankan memori internal dan sistem kerja android. Masuk ke menu Pengaturan kemudian tekan pilihan Aplikasi. Ketuk tab Semua kemudian gulir ke bawah dan tekan opsi Telepon. Ketuk pilihan Hapus Cache dan tunggu beberapa saat.

3. Bersihkan partisi cache

Setiap ponsel menghasilkan file temporer kecil sehingga aplikasi akan berjalan lebih cepat. hanya saja ketika cache mengalami kerusakan maka sistem menggunakannya maka akan muncul masalah error pada sistem seperti ini. Maka anda mesti menghapus semua direktori tempat cache tersimpan. Matikan ponsel. Tekan dan tahan tombol Home dan Volume Up bersamaan. Tunggu sampai logo OS muncul kemudian pilih opsi Hapus Partisi Cache. Bersihkan Partisi Cache kemudian tekan Ya. Selesai pilih Reboot System Now.

4. Kembali ke pengaturan pabrik

Mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik bisa anda lakukan jika masalah masih terus terjadi meskipun sudah melakukan tiga langkah diatas. Cadangkan terlebih dulu data dan semua hal yang penting. Dengan kembali ke pengaturan pabrik, sistem android akan kembali segar meskipun konsekuensinya semua data dan pengaturan yang sudah anda lakukan akan hilang. Matikan perangkat kemudian tahan tombol Volume Naik dan Daya sampai perangkat bergetar. Lepaskan tombol Daya. Setelah melihat logo Android kemudian buat cadangan dan lakukan Setel Ulang Pabrik.

Baca Juga "Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi di Play Store"

Demikian beberapa cara mengatasi sistem android yang berhenti. Semoga cara-cara diatas membantu permasalahan anda. Selamat mencoba.