Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi di Play Store


Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi di Play Store – Play Store merupakan aplikasi penting yang menyediakan banyak aplikasi untuk android. hanya saja menjadi masalah besar jika Play Store justru tidak mampu mengunduh aplikasi secara baik. Aplikasi yang akan diunduh gagal terus.

Padahal secara jaringan internet mungkin dirasa baik-baik saja. namun masalah tersebut tetap anda dapati. Mengatasi Play Store yang tidak bisa menginstall aplikasi bisa dilakukan dengan beberapa cara mudah. Anda bisa melakukannya dari cara paling ringan terlebih dulu.

Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebabnya sehingga proses perbaikan menjadi lebih tepat. Mengatasi hal tersebut tidak perlu langsung ke service center. pasalnya anda hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana. Cara-cara ini bisa anda coba untuk berbagai merk smartphone. baik yang sudah maupun yang belum mengalami proses rooting. Nah, dibawah ini ulasan selengkapnya untuk cara mengatasi Play Store yang tidak bisa menginstall aplikasi.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi


1. Hentikan aplikasi Play Store

Cobalah menghentikan paksa aplikasi Play Store kemudian mengaturnya normal kembali seperti semula. Hal ini bertujuan agar aplikasi bekerja seperti semula dengan kondisi yang lebih baru. Buka menu Setting kemudian pilih ke opsi Aplikasi. Kemudian pilih layanan Google Play dan tekan Force Stop.

2. Beralih ke Wifi

Mungkin saja aplikasi yang tidak di-install disebabkan karena jaringannya yang tidak stabil. Cobalah menggunakan jaringan Wifi untuk mempermudah penginstallan aplikasi. Dengan beralih ke Wifi, anda pun lebih menghemat penggunaan data. Jaringan yang stabil akan lebih memudahkan dan mempercepat penginstallan aplikasi sehingga tidak mudah gagal.

3. Re-install aplikasi

Cobalah install ulang Play Store anda. Hal ini bisa dilakukan jika sebelumnya anda sudah melakukan rooting pada smartphone. karena jika ponsel sudah mengalami proses rooting, anda bisa menghapus aplikasi bawaan lebih leluasa. Setelah mengunduh aplikasi tersebut, anda bisa mencadangkannya terlebih dulu agar bisa di re-install kembali di lain waktu.

4. Hapus data tidak penting

Bisa jadi tidak bisa menginstall aplikasi disebabkan karena memori smartphone terlalu penuh. Hal ini membuat tidak bisanya aplikasi baru untuk masuk. Cobalah hapus data yang tidak penting agar memori lebih lega. Anda bisa menghapus aplikasi yang sekiranya tidak digunakan. dengan demikian kemungkinan aplikasi bisa terinstall lebih besar.

5. Factory reset

Jika dengan berbagai cara Play Store masih tidak bisa digunakan untuk mengunduh, bisa jadi masalahnya ada pada perangkat smartphone anda. Maka cobalah melakukan Factory Reset. Hal ini bertujuan agar smartphone memiliki kinerja dari sistem yang lebih baru. Hanya saja diperlukan backup data agar tidak hilang pasca melakukan Factory Reset. Masuk ke bagian Factory Reset.

Baca Juga "Cara Mengatasi Sayangnya com android phone Telah Berhenti"

Nah itu dia beberapa cara mengatasi aplikasi tidak bisa diinstal di Play Store. Semoga membantu anda dan selamat mencoba.