Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Flash Smartphone Asus Dengan Mudah


Cara Flash Smartphone Asus Dengan Mudah - Asus, pastinya nama yang satu ini sudah akrab di telinga Anda, pasalnya Asus memang menjadi salah satu vendor smartphone yang sangat populer. Perlu Anda ketahui bahwa Asus adalah vendor yang berpusat di Taiwan, vendor yang satu ini memang sudah sejak lama masuk ke tanah air dengan membawa sejumlah produknya yang beragam. Dari sekian banyak produk buatan Asus, smartphone Android menjadi salah satu produknya yang begitu populer dan telah digunakan oleh banyak orang.

Smartphone Asus yang tergabung dalam seri Zenfone memang telah dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni, namun bukan perarti perangkat tersebut terbebas dari masalah. Seperti halnya smartphone Android yang lain, smartphone besutan Asus juga mengalami potensi untuk mengalami kerusakan software. Masalah yang satu ini sangatlah wajar dan biasanya bisa diperbaiki dengan tindakan flashing. Sebagian besar orang akan melakukan flash di service center, namun Anda juga bisa melakukannya sendiri dengan beberapa cara di bawah ini.

Cara Flash Smartphone Asus Dengan Mudah


1. Langkah Pertama

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk melakukan flashing pada smartphone Asus adalah melakukan persiapan, hal yang satu ini tidak boleh Anda abaikan karena proses persiapan dilakukan dengan tujuan agar Anda tidak mengalami kerepotan apabila proses flashing sedang berlangsung. Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan untuk melakukan flashing antara lain PC atau laptop, device Asus Zenfone, dan kabel USB.

2. Langkah Kedua

Setelah selesai mempersiapkan beberapa hal yang akan dibutuhkan, Anda bisa mengunduh flash tool terlebih dahulu. Anda juga harus mengunduh diromware yang ditujukan khusus untuk smartphone besutan Asus, pilihlah device yang sesuai dengan smartphone yang Anda miliki. Setelah Anda selesai mengunduh semua hal yang diperlukan tadi, Anda bisa mengekstrak semuanya ke dalam satu folder yang sama.

3. Langkah Ketiga

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menginstal driver yang tadi telah diunduh, Anda juga harus menginstal Asus flash tool, kemudian buka melalui shortcut yang ada di bagian desktop. Jika Anda tidak menemukan shortcut di desktop, maka Anda bisa mencarinya di menu. Setelah itu hubungkan smartphone Asus dengan PC atau laptop menggunakan kabel USB, kemudian Anda bisa menekan tombol power dan volume up secara bersamaan untuk masuk ke dalam menu fast boot.

4.  Langkah Keempat

Aplikasi akan terbuka secara otomatis dan mendeteksi smartphone yang akan diflash. Jika belum terdeteksi, Anda bisa melepaskan kabel USB dan menyambungkannya kembali hingga smartphone berhasil terdeteksi. Setelah smartphone terdeteksi, selanjutnya Anda bisa mengklik icon box dan pilih firmware RAW, kemudian Anda bisa memilih tipe smartphone Asus yang akan diflash, setelah itu klik start untuk memulai flashing, proses ini berjalan secara otomatis dan akan memakan waktu sekitar 5 hingga 10 menit.

Baca Juga "Cara  Untuk Mengetahui Smartphone Android Yang Disadap"

Proses flashing pada smartphone Asus sebenarnya tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan, Anda bisa melakukannya sendiri dengan mengikuti panduan yang ada di atas.